Halo, Sobat Ruang Study!
Ini adalah kunci jawaban dengan nilai maksimal 100 point untuk Post Test Modul Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (SMK) 2.0. Ini ditujukan bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2025 di Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Total soal untuk modul PPA sebanyak 15 soal, yang terbagi dalam Modul PPA 1 , 2, dan 3. Bagi bapak/ibu guru yang kesulitan mengerjakan soal-soal tersebut, dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai referensi.
Kunci Jawaban Post Test Modul PPA 2025 - PPA 1
Soal 1 :
Anda diminta merancang pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong peserta didik mengoptimalkan kualitas produk. Anda pernah mempelajari PjBL ini, namun belum pernah menggunakannya secara langsung dalam pembelajaran yang Anda pandu. Di sisi lain penyiapan rencana pembelajaran ini sudah mendesak harus segera selesai. Apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban : Menyusun rancangan mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan layanannya
Anda diminta merancang pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong peserta didik mengoptimalkan kualitas produk. Anda pernah mempelajari PjBL ini, namun belum pernah menggunakannya secara langsung dalam pembelajaran yang Anda pandu. Di sisi lain penyiapan rencana pembelajaran ini sudah mendesak harus segera selesai. Apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban : Menyusun rancangan mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan layanannya
Soal 2 :
Sekolah menugaskan Anda melakukan pembimbingan PKL untuk sejumlah siswa. PKL bertempat di sebuah perusahaan yang sudah beroperasi cukup lama. Di tengah pelaksanaan tugas tersebut, terjadi kecelakaan kerja yang membuat salah satu peserta didik menjadi korbannya. Meskipun hanya luka ringan, orangtua peserta didik yang cemas terkesan menyalahkan Anda yang tidak cukup memberikan pembekalan. Jika menemui situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mengingatkan peserta didik untuk berhati-hati sekaligus memberikan pemahaman kepada orangtua atas kejadian yang di luar kendali
Sekolah menugaskan Anda melakukan pembimbingan PKL untuk sejumlah siswa. PKL bertempat di sebuah perusahaan yang sudah beroperasi cukup lama. Di tengah pelaksanaan tugas tersebut, terjadi kecelakaan kerja yang membuat salah satu peserta didik menjadi korbannya. Meskipun hanya luka ringan, orangtua peserta didik yang cemas terkesan menyalahkan Anda yang tidak cukup memberikan pembekalan. Jika menemui situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mengingatkan peserta didik untuk berhati-hati sekaligus memberikan pemahaman kepada orangtua atas kejadian yang di luar kendali
Soal 3 :
Salah satu peserta didik yang sedang melaksanakan PKL terlibat konflik dengan staf di tempat PKL-nya. Di satu sisi Anda tahu bahwa kesalahan bukan pada pihak peserta didik, namun Anda tidak bisa pula melemparkan kesalahan pada pihak mitra. Selaku pembimbing PKL, tindakan apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mendiskusikan situasi yang terjadi bersama pembimbing industri untuk menemukan solusi yang disepakati oleh semua pihak
Salah satu peserta didik yang sedang melaksanakan PKL terlibat konflik dengan staf di tempat PKL-nya. Di satu sisi Anda tahu bahwa kesalahan bukan pada pihak peserta didik, namun Anda tidak bisa pula melemparkan kesalahan pada pihak mitra. Selaku pembimbing PKL, tindakan apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mendiskusikan situasi yang terjadi bersama pembimbing industri untuk menemukan solusi yang disepakati oleh semua pihak
Soal 4 :
Anda adalah guru baru yang sedang menyiapkan pembelajaran di kelas kewirausahaan. Anda memahami bahwa kegiatan belajar perlu dirancang sedekat mungkin dengan realitas di dunia kerja, termasuk untuk memfasilitasi peserta didik memahami berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan. Hanya saja, Anda masih belum cukup memiliki waktu untuk melakukannya, dikarenakan banyaknya pembekalan yang masih harus diikuti di antara waktu mengerjakan tugas pokok. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban : Melakukan analisis berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan peserta didik secara cermat, agar kegiatan belajar dapat dirancang dengan optimal
Anda adalah guru baru yang sedang menyiapkan pembelajaran di kelas kewirausahaan. Anda memahami bahwa kegiatan belajar perlu dirancang sedekat mungkin dengan realitas di dunia kerja, termasuk untuk memfasilitasi peserta didik memahami berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan. Hanya saja, Anda masih belum cukup memiliki waktu untuk melakukannya, dikarenakan banyaknya pembekalan yang masih harus diikuti di antara waktu mengerjakan tugas pokok. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban : Melakukan analisis berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan peserta didik secara cermat, agar kegiatan belajar dapat dirancang dengan optimal
Soal 5 :
Menurut ketentuan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan PKL harus dilakukan oleh pembimbing setiap bulan. Anda sebenarnya sudah melakukan penjadwalan di tanggal-tanggal tertentu. Akan tetapi, bulan ini jadwal Anda penuh dengan beberapa tugas lain yang mendesak untuk diselesaikan. Sebagai seorang pembimbing PKL, hal apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Melaksanakan monitoring secara daring dengan memfasilitasi waktu diskusi yang seluas mungkin
Menurut ketentuan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan PKL harus dilakukan oleh pembimbing setiap bulan. Anda sebenarnya sudah melakukan penjadwalan di tanggal-tanggal tertentu. Akan tetapi, bulan ini jadwal Anda penuh dengan beberapa tugas lain yang mendesak untuk diselesaikan. Sebagai seorang pembimbing PKL, hal apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Melaksanakan monitoring secara daring dengan memfasilitasi waktu diskusi yang seluas mungkin
Kunci Jawaban Post Test Modul PPA 2025 - PPA 2
Soal 1 :
Dalam pertemuan monev kali ini, Anda sebagai pembimbing menemukan prosedur praktik kerja salah satu peserta didik yang kurang sesuai dengan materi belajarnya. Anda pun memberikan umpan balik dan memintanya untuk melakukan perbaikan. Sayangnya, pertemuan ini adalah monev terakhir, sehingga waktu untuk memperbaiki sikap dan perilaku peserta ddik terbatas. Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi ini?
Dalam pertemuan monev kali ini, Anda sebagai pembimbing menemukan prosedur praktik kerja salah satu peserta didik yang kurang sesuai dengan materi belajarnya. Anda pun memberikan umpan balik dan memintanya untuk melakukan perbaikan. Sayangnya, pertemuan ini adalah monev terakhir, sehingga waktu untuk memperbaiki sikap dan perilaku peserta ddik terbatas. Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi ini?
Jawaban : Memberikan umpan balik sesuai kondisi yang terjadi, agar bisa dimanfaatkan oleh peserta didik yang bersangkutan untuk memperbaiki diri dan aktivitasnya di momen PKL selanjutnya
Soal 2 :
Pada saat kegiatan PKL dilaksanakan, terdapat kejadian dimana ada peserta didik yang bersikap tidak sopan dan berperilaku tidak disiplin. Hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, karena sebelum PKL dimulai, seluruh peserta didik sudah cukup diberikan pembekalan terkait upaya menjaga sikap dan perilaku di tempat mereka belajar praktik kerja. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Memberikan pemahaman kepada mitra tempat PKL atas situasi yang di luar kendali tersebut dan mendampingi peserta didik saat menyampaikan permohonan maaf kepada pihak mitra
Pada saat kegiatan PKL dilaksanakan, terdapat kejadian dimana ada peserta didik yang bersikap tidak sopan dan berperilaku tidak disiplin. Hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, karena sebelum PKL dimulai, seluruh peserta didik sudah cukup diberikan pembekalan terkait upaya menjaga sikap dan perilaku di tempat mereka belajar praktik kerja. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Memberikan pemahaman kepada mitra tempat PKL atas situasi yang di luar kendali tersebut dan mendampingi peserta didik saat menyampaikan permohonan maaf kepada pihak mitra
Soal 3 :
Pada salah satu pertemuan bimbingan, peserta didik yang melaksanakan PKL menyampaikan bahwa mereka ternyata banyak diminta melakukan tugas-tugas yang di luar materi belajarnya oleh pihak perusahaan. Masalahnya, perusahaan tersebut adalah perusahaan bereputasi yang sangat jarang memberi kesempatan bagi institusi pendidikan untuk melaksanakan PKL di tempatnya. Artinya, bisa menempuh PKL di perusahaan tersebut adalah kesempatan belajar yang sangat jarang bisa dirasakan oleh semua peserta didik. Apa yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Jawaban : Mengklarifikasi informasi tersebut kepada pembimbing industri sekaligus menyamakan persepsi kembali tentang kegiatan-kegiatan selama proses magang
Pada salah satu pertemuan bimbingan, peserta didik yang melaksanakan PKL menyampaikan bahwa mereka ternyata banyak diminta melakukan tugas-tugas yang di luar materi belajarnya oleh pihak perusahaan. Masalahnya, perusahaan tersebut adalah perusahaan bereputasi yang sangat jarang memberi kesempatan bagi institusi pendidikan untuk melaksanakan PKL di tempatnya. Artinya, bisa menempuh PKL di perusahaan tersebut adalah kesempatan belajar yang sangat jarang bisa dirasakan oleh semua peserta didik. Apa yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Jawaban : Mengklarifikasi informasi tersebut kepada pembimbing industri sekaligus menyamakan persepsi kembali tentang kegiatan-kegiatan selama proses magang
Soal 4 :
Semester ini para peserta didik akan mempelajari tentang bagaimana membuat desain produk secara digital. Anda diminta menerapkan pembelajaran berbasis proyek, namun ada kekhawatiran siswa tidak belajar dengan optimal mengingat mereka masih belum cukup punya pemahaman yang baik secara konseptual. Apa langkah yang Anda ambil kemudian?
Jawaban : Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan desainnya
Semester ini para peserta didik akan mempelajari tentang bagaimana membuat desain produk secara digital. Anda diminta menerapkan pembelajaran berbasis proyek, namun ada kekhawatiran siswa tidak belajar dengan optimal mengingat mereka masih belum cukup punya pemahaman yang baik secara konseptual. Apa langkah yang Anda ambil kemudian?
Jawaban : Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek mulai dari saat peserta didik menerima pesanan hingga menuntaskan desainnya
Soal 5 :
Seringkali terdapat perbedaan antara apa yang disediakan oleh produsen atau penyedia jasa dengan kebutuhan pelanggan. Anda pernah pula mengalaminya ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga. Posisi Anda ada di bagian desain produk. Saat itu perusahaan menghendaki desain produk yang mengutamakan efisiensi dalam biaya produksi, sementara kebutuhan pelanggan cenderung berkonsekuensi pada desain produk yang biaya produksinya cukup tinggi. Dalam situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mengidentifikasi berbagai kebutuhan pelanggan dengan cermat terkait produk yang sedang dikerjakan
Seringkali terdapat perbedaan antara apa yang disediakan oleh produsen atau penyedia jasa dengan kebutuhan pelanggan. Anda pernah pula mengalaminya ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga. Posisi Anda ada di bagian desain produk. Saat itu perusahaan menghendaki desain produk yang mengutamakan efisiensi dalam biaya produksi, sementara kebutuhan pelanggan cenderung berkonsekuensi pada desain produk yang biaya produksinya cukup tinggi. Dalam situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Mengidentifikasi berbagai kebutuhan pelanggan dengan cermat terkait produk yang sedang dikerjakan
Kunci Jawaban Post Test Modul PPA 2025 - PPA 3
Soal 1 :
Dalam kegiatan pertukaran staf guru dengan sekolah mitra, Anda diminta untuk membantu menyiapkan rancangan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk menghasilkan produk yang benar-benar memahami kebutuhan pelanggan. Namun demikian, rancangan harus diselesaikan dengan segera karena terbatasnya waktu pertukaran guru tersebut. Apa yang Anda lakukan kemudian?
Jawaban : Menganalisis secara komprehensif berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan peserta didik
Dalam kegiatan pertukaran staf guru dengan sekolah mitra, Anda diminta untuk membantu menyiapkan rancangan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk menghasilkan produk yang benar-benar memahami kebutuhan pelanggan. Namun demikian, rancangan harus diselesaikan dengan segera karena terbatasnya waktu pertukaran guru tersebut. Apa yang Anda lakukan kemudian?
Jawaban : Menganalisis secara komprehensif berbagai kebutuhan pelanggan atas produk yang dikerjakan peserta didik
Soal 2 :
Anda mengetahui bahwa salah satu peserta didik yang melaksanakan PKL terlibat hubungan yang saling suka dengan salah satu staf di tempat PKL. Hal ini kemudian mengganggu profesionalitas relasi satu sama lain di tempat kerja. Di satu sisi Anda memahami bahwa sesuatu yang menyangkut perasaan adalah urusan personal setiap orang. Namun ketika yang terjadi mempengaruhi aktivitas belajar dan bekerja, maka Anda tentu harus meresponnya dengan tepat. Apa tindakan yang Anda ambil sebagai guru pembimbing PKL?
Jawaban : Memfasilitasi pertemuan antara peserta didik, pembimbing industri, dan saya sebagai guru pembimbing untuk menemukan kesepakatan bersama
Anda mengetahui bahwa salah satu peserta didik yang melaksanakan PKL terlibat hubungan yang saling suka dengan salah satu staf di tempat PKL. Hal ini kemudian mengganggu profesionalitas relasi satu sama lain di tempat kerja. Di satu sisi Anda memahami bahwa sesuatu yang menyangkut perasaan adalah urusan personal setiap orang. Namun ketika yang terjadi mempengaruhi aktivitas belajar dan bekerja, maka Anda tentu harus meresponnya dengan tepat. Apa tindakan yang Anda ambil sebagai guru pembimbing PKL?
Jawaban : Memfasilitasi pertemuan antara peserta didik, pembimbing industri, dan saya sebagai guru pembimbing untuk menemukan kesepakatan bersama
Soal 3 :
Pagi ini Anda memberikan sosialisasi pada para peserta didik tentang rangkaian tugas dalam proyek yang akan mereka kerjakan. Sejumlah anak tampak khawatir jika mereka tidak dapat memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam proyek karena merasa masih belum cukup bekal, mengingat mereka masih berada di tahun pertama sekolah. Anda merasa kekhawatiran mereka cukup beralasan, sehingga bimbang dengan rancangan pembelajaran yang sudah disusun. Apa tindakan Anda dalam situasi ini?
Jawaban : Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek secara sederhana, namun tetap lengkap sesuai tahapannya mulai dari awal hingga peserta didik menuntaskan produknya
Pagi ini Anda memberikan sosialisasi pada para peserta didik tentang rangkaian tugas dalam proyek yang akan mereka kerjakan. Sejumlah anak tampak khawatir jika mereka tidak dapat memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam proyek karena merasa masih belum cukup bekal, mengingat mereka masih berada di tahun pertama sekolah. Anda merasa kekhawatiran mereka cukup beralasan, sehingga bimbang dengan rancangan pembelajaran yang sudah disusun. Apa tindakan Anda dalam situasi ini?
Jawaban : Menyusun rancangan pembelajaran berbasis proyek secara sederhana, namun tetap lengkap sesuai tahapannya mulai dari awal hingga peserta didik menuntaskan produknya
Soal 4 :
Hasil umpan balik dari pihak mitra tempat PKL menyatakan bahwa kinerja peserta didik Anda ternyata di bawah harapan perusahaan. Anda menyayangkan hal ini, namun Anda menduga bahwa hal ini disebabkan masa studi peserta didik yang baru berada di tahun pertama. Akibatnya pola perilaku kerjanya belum terbentuk secara matang. Jika menemui situasi ini, apa tindakan yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Jawaban : Membekali peserta didik di tahun pertama agar lebih menunjukkan kinerja yang optimal di tempat magang PKL
Hasil umpan balik dari pihak mitra tempat PKL menyatakan bahwa kinerja peserta didik Anda ternyata di bawah harapan perusahaan. Anda menyayangkan hal ini, namun Anda menduga bahwa hal ini disebabkan masa studi peserta didik yang baru berada di tahun pertama. Akibatnya pola perilaku kerjanya belum terbentuk secara matang. Jika menemui situasi ini, apa tindakan yang Anda lakukan sebagai pembimbing?
Jawaban : Membekali peserta didik di tahun pertama agar lebih menunjukkan kinerja yang optimal di tempat magang PKL
Soal 5 :
Salah satu momen penting dari pelaksanaan fungsi pembimbingan PKL adalah pada waktu persiapan dan pembekalan. Hal ini merupakan ruang yang jika dioptimalkan akan dapat membantu peserta didik untuk belajar optimal dalam praktik kerjanya, selain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama PKL berlangsung. Hanya saja, kali ini waktu pelaksanaan pembekalan tersebut sangat sempit karena banyak berbentur dengan tugas Anda yang lain. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Melaksanakan pembekalan secara daring dengan memfasilitasi ruang tanya-jawab yang seluas mungkin
Salah satu momen penting dari pelaksanaan fungsi pembimbingan PKL adalah pada waktu persiapan dan pembekalan. Hal ini merupakan ruang yang jika dioptimalkan akan dapat membantu peserta didik untuk belajar optimal dalam praktik kerjanya, selain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama PKL berlangsung. Hanya saja, kali ini waktu pelaksanaan pembekalan tersebut sangat sempit karena banyak berbentur dengan tugas Anda yang lain. Sebagai pembimbing, apa yang Anda lakukan?
Jawaban : Melaksanakan pembekalan secara daring dengan memfasilitasi ruang tanya-jawab yang seluas mungkin